STRATEGI HONDA MENGHADAPI YAMAHA DI PASAR SEPEDA MOTOR
PT. Astra Honda Motor
(AHM) merupakan jaringan pemasaran
dengan status investasi Penanaman Modal Asing (PMA) hasil kerjasama antara
Honda Motor Company, Ltd (50%), Jepang, dan PT. Astra Internasional Tbk (50%),
Indonesia. Didirikan pertama kali pada 11 Juni 1971 dengan nama PT. Federal
Motor, kemudian melakukan merger dan
berubah menjadi PT. Astra Honda Motor pada 31 Oktober 2000. Kapasitas produksi sebanyak 3 juta
unit/tahun. Aktivitas yang dilakukan PT. AHM adalah sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM), manufaktur, perakitan dan distributor
sepeda motor HONDA. Jumlah karyawan per Desember 2006 adalah 12.642 orang.
Di Indonesia, antara
HONDA dan YAMAHA memang sudah tercipta rivalitas yang demikian kuat, baik
internal pabrikan maupun konsumen.
Yang menarik untuk disimak bahwa untuk pertama kalinya dalam sejarah permotoran
Indonesia, dominasi Honda disalib oleh Yamaha pada kuartal pertama 2007. Yamaha
menjual lebih banyak unit motor daripada Honda. Berdasarkan data Asosiasi
Industri Sepeda Motor (AISI), angka
penjualan sepeda motor pada Kuartal I Tahun 2007 adalah sebagai berikut :
Perusahaan Motor
|
Januari (unit)
|
Februari (unit)
|
Maret (unit)
|
Honda
|
153.806
|
151.806
|
151.127
|
Yamaha
|
133.199
|
146.072
|
160.235
|
Suzuki
|
52.309
|
46.123
|
47.175
|
Kawasaki
|
4.204
|
2.914
|
3.441
|
Kanzen
|
2.115
|
2.012
|
2.318
|
Kymco
|
1.027
|
1.140
|
1.121
|
Piaggio
|
9
|
5
|
11
|
Yamaha menguasai market share sebesar 43,7% pada Maret
2007 sebanyak 160.235 unit. Sementara angka penjualan Honda tercatat 151.127
unit atau berada di posisi kedua dengan menguasai 41,5% pangsa pasar.
Menyedihkan bagi Honda, sukses luar biasa bagi Yamaha.
Comments
Post a Comment