PRODUK BARU SEPEDA MOTOR KANZEN
Negara Indonesia dengan jumlah penduduk sebanyak 220juta merupakan potensi yang besar bagi penjualan produk sepeda motor. Sebagai negara berkembang dengan kondisi perekonomian yang belum stabil, sepeda motor menjadi alat transportasi pilihan karena harganya yang relatif terjangkau. Hal ini dibuktikan dengan populasi sepeda motor di Indonesia yang pada tahun 2004 mencapai 28,95 juta. Saat itu Indonesia menjadi produsen sepeda motor ke-3 terbesar di dunia setelah Cina dan India.
Produk yang ditawarkan Kanzen cukup beragam yaitu terdiri dari model bebek, sport, dan skuter dengan varian mesin 100cc, 110cc, dan 125cc. Harga yang ditawarkan berkisar 9juta sampai belasan juta. Namun secara nasional penjualan Kanzen masih jauh di bawah penjualan sepeda motor merek Jepang. Data 2005 menunjukkan, merek Honda mendominasi pasar dengan menguasai 51,96% pangsa pasar, berikutnya merek Yamaha dengan 24,03%, diikuti merek Suzuki dengan 21,48% dan sisanya merek lain seperti Kawasaki, Vespa termasuk Kanzen yang memperebutkan 2,21% pangsa pasar. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pemasaran yang lebih baik untuk meningkatkan penjualan motor Kanzen.
Comments
Post a Comment