INISIATIF DAN KEPEDULIAN

Sepasang suami istri yang baru saja melangsungkan acara pernikahannya terlihat lelah dan ingin sekali segera beristirahat. Sesampainya di kamar, si istri mengingatkan kepada suaminya apakah pintu telah terkunci semuanya. Karena kecapean, si suami menyuruh istrinya untuk memeriksa dengan mengatakan "Dek, abang capek banget, kamu yang periksa ya biar jadi istri yang baik. Si istri marah dan bilang "baru sehari abang jadi suamiku, udah nyuruh2. Akhirnya pertengkaran pun terjadi karena masing-masing tak mau mengalah, sampai si suami bilang "gini aja, kita masing2 gak ngomong. siapa yang pertama kali ngomong, dia kalah dan ia harus mengunci pintu. Mereka pun diam sampai akhirnya terlelap.

Ternyata di malam itu, kebetulan maling mendapati rumah mereka yang memang tidak terkunci pintunya. Seluruh barang-barang mereka habis dicuri oleh si maling pada malam itu. Paginya, si istri bangun terlebih dahulu dan mendapati barang-barang mereka berserakan. Saat itulah si istri sadar bahwa rumahnya telah dimasuki maling. Sambil berteriak dan marah dia memanggil suaminya, Bang bangun bang..gara-gara abang, tidur seperti kebo, rumah kita jadi kemalingan. Suaminya bangun dan tertawa sambil bilang.."Haha..kamu kalah, kamu yang harus kunci pintu..X_X.


Cerita diatas lucu skaligus memberi pelajaran tentang inisiatif dan kepedulian. Terkadang suatu pekerjaan, tidak harus dilakukan hanya pekerjaaan yang tertulis pada job description kita masing2. Banyak hal2 lain diluar job kita yang lebih memerlukan dan dibutuhkan adanya inisiatif dan kepedulian kita.


Dalam lingkup organisasi dan bermasyarakat, betapa kerennya saat karyawan atau warga peduli, bertanya dan memberdayakan passion dan purpose organisasi / lingkungannya. Dalam lingkup keluarga, betapa indahnya kalau suami, istri atau anak melakukan sesuatu yang baik tanpa disuruh atau diperintah. John F. Kennedy pernah mengatakan "Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan untuk negaramu. Oleh karena itu pentingnya inisiatif dan kepedulian kita, baik dalam keluarga, organisasi maupun dalam bermasyarakat. Kemenangan kecil berawal dari kepedulian dan inisiatif dalam melakukan pekerjaan sekarang, Besok dan seterusnya. If you don't stand for something, You'll fall for anything.

x

Comments

Popular Posts