Tour De Siak

Alhamdulillah..tahun ini kami bisa juga berlibur. walau tidak jadi ke singapura sesuai rencana, karena banyaknya pekerjaan di kantor yang harus saya selesaikan. kami memilih wisata domestik yaitu ke Siak Sri Indrapura. kenapa?? katanya siak adalah kota istana.

Kebetulan ada cuti bersama sebelum hari raya Idul Adha, sehingga libur panjang menjadi 4 hari. kali ini kami memilih transportasi air yaitu speedboat. sebenarnya kami berangkat sabtu, namun karena hari sabtu cuaca tidak mendukung, akhirnya kami berangkat pada hari minggu yang cerah. Kapal Siak Wisata Ekspress pagi dari pekanbaru jam 9.30 WIB.


Perjalanan lebih kurang 2 jam melewati sungai siak. ternyata naik speedboat di sungai tidak seperti yang kami bayangkan. kami kira sama dengan di laut yang guncangannya kuat. btw tentang sungai siak merupakan sungai terdalam di Indonesia, yang kedalamannya dahulu mencapai 30 meter, namun akibat pendangkalan kini tinggal sekitar 18 meter. sehingga dahulunya sungai ini dapat dilalui oleh kapal-kapal besar seperti kapal tanker dan kapal peti kemas. Pada sehiliran sungai ini terdapat banyak pabrik diantaranya pabrik kelapa sawit, pabrik pengolahan kayu dan juga pabrik kertas.

Masuk di kota Siak Sri Indrapura ditandai dengan melewati jembatan siak/Tengku Agung Sultanah Latifah. Jembatan ini mempunyai panjang 1.196 m dengan lebar 16,95 m. jembatan ini termasuk ke dalam daftar jembatan panjang di Indonesia. dan yang terpenting kami sempat berfoto..:D
Sesampainya di Siak, kendaraan yang ada berupa becak motor, yang sewaktu sampai dipelabuhan banyak yang menawarkan jasanya.
Kota Siak cukup rapi dan bersih karena memang kabupaten ini sedang membangun. jalan-jalan dan pemandangan cukup indah. kami istirahat dulu untuk makan siang dan shalat zuhur.
setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Istana Siak.

setelah berfoto ria di dalam istana kami bersiap untuk kembali ke pekanbaru dengan kapal sore.




Comments

Popular Posts