DISTRIBUSI TENAGA PENJUALAN PADA DAERAH PEMASARAN



Sebuah perusahaan yang memiliki dua cabang dengan dua marketplace hendak melakukan ekspansi dengan menambah satu lagi market place sehingga menjadi tiga daerah pemasaran. Penggunaan sejumlah sales pada setiap daerah pemasaran menunjukkan ada batas maksimum perolehan profit, karena setelah titik maksimum akan terjadi peningkatan profit yang lebih lambat daripada peningkatan biaya tenaga penjualan. 
Perhitungan profit yang dihasilkan dari berbagai kombinasi pengoperasian tenaga penjualan pada dua daerah pemasaran yang telah ada adalah:
Jumlah Sales
Daerah Pasar I
0
1
2
3
4
5
6
Daerah Pasar II
6
5
4
3
2
1
0
Profit
f1 (x)
150,000
130,000
115,000
105,000
80,000
60,000
50,000
f2 (x)
50,000
65,000
85,000
110,000
140,000
160,000
175,000
Total Profit

200,000
195,000
200,000
215,000
220,000
220,000
225,000

Jika tersedia 11 orang sales yang bisa dioperasikan untuk tiga daerah pemasaran, berapa jumlah kombinasi sales optimal untuk setiap daerah pemasaran tersebut.

Comments

Popular Posts