REVOLUSI MANAJEMEN


Hasil gambar untuk management revolution

Bisnis dan masyarakat sekarang ini berada ditengah-tengah revolusi yang dapat dibandingkan dengan revolusi industri baik dalam hal skala maupun akibatnya. Revolusi saat ini mempunyai empat komponen: globalisasi pasar, penyebaran teknologi informasi dan jaringan komputer, pembongkaran hierarki manajerial tradisional, dan penciptaan perekonomian informasi baru. Empat komponen ini semua terjadi secara cepat dan bersamaan, serta dipengaruhi dan memengaruhi satu sama lain.

Globalisasi (komponen pertama revolusi saat ini) dulunya secara sederhana berarti mengekspor beberapa barang dan jasa ke negara-negara lain dan mungkin membuat beberapa fasilitas produksi di luar negeri. Saat ini, globalisasi berarti semakin banyak keputusan manajerial yang harus mempertimbangkan dunia secara keseluruhan, bukan hanya regional atau negara, sebagai pasar yang relevan. Oleh karena penjualan yang sangat signifikan dalam bidang komunikasi dan transportasi, selera secara internasional menjadi seragam, lebih banyak produk yang diimpor dan sebagian besar produk lainnya mempunyai bagian-bagian yang diproduksi di luar negeri, dan produsen domestik menghadapi persaingan dari luar negeri yang semakin meningkat.

Komponen kedua revolusi saat ini adalah penyebaran teknologi informasi dan jaringan komputer. Praktis hampir setiap teller bank, pekerja kantor pos, operator telepon, penagih utang dan lain-lain saaat ini bekerja dengan komputer. Hal ini secara mengagumkan mempercepat pengiriman barang dan jasa, memperkecil pemborosan, mengurangi persediaan dan secara umum meningkatkan produktivitas.
Hasil gambar untuk management
Komputer juga telah membongkar hierarki manajerial tradisonal dan mengurangi peringkat-peringkat yang ada di manajemen tingkat menengah (komponen ketiga revolusi saat ini). Dahulu, para manajer tingkat menengah merupakan garis penghubung informasi antara manajer tingkat atas dan pekerja. Saat ini, informasi di semua tingkatan dapat disebarkan dari manajemen tingkat atas langsung ke pekerja dan sebaliknya hanya dengan menekan tombol komputer dan tanpa membutuhkan manajemen tingkat menengah. Manajemen tingkat menengah yang masih bertahan hingga saat ini, memiliki peran yang sangat penting dan semakin sering digunakan untuk membantu manajer senior dalam operasi harian perusahaan sehingga manajer senior dapat memusatkan energi mereka pada manajemen strategi perusahaan.

Komponen keempat revolusi saat ini adalah penyebaran yang cepat dari perekonomian informasi, dimana penciptaan nilai semakin didasarkan kepada ilmu pengetahuan dan komunikasi dibandingkan pada sumber daya alam dan tenaga kerja fisik seperti masa lalu. Sebagai contoh, banyak perbaikan mobil akan dilakukan tidak oleh montir dengan kunci inggris, tetapi oleh teknisi yang memperbaiki mesin dengan pemrograman kembali sebuah chip komputer. Selain itu, barang dan jasa semakin banyak dipasarkan dan didistribusikan secara elektronik. Empat komponen revolusi tersebut memengaruhi secara drastis tidak hanya produk dan jasa tradisional yang diproduksi dan didistribusikan tetapi juga seluruh organisasi produksi, konsumsi, dan manajemen dalam berbagai hal yang belum jelas atau dimengerti sepenuhnya.


Sumber: Welcome to the Revolution, Fortune, Management’s New Paradigm, Forbes, In Praise of Middle Managers, Harvard Business Review, A Management Revolution Still ini the Making, The New York Times.

Comments

Popular Posts