TIPS MENYIMPULKAN JURNAL PENELITIAN



  1. Setiap jurnal yang dipublikasikan memiliki kualifikasi yakni apakah jurnal tersebut dipublikasikan oleh lembaga penerbit yang sudah terstandar atau belum.
  2. Perhatikan unsur-unsur yang penting di dalam penulisan jurnal seperti abstract, keyword, metodologi, analisis, conclusion and discussion, findings, dan results.
  3. Perhatikan sumber referensi yang digunakan dalam penelitian tersebut apakah terdapat kesamaan atau perbedaan dengan penelitian terdahulu.
  4. Pertimbangkan format jawaban sesuai dengan isi penelitian, yaitu ada nama penelitinya, tahun, judul penelitian, alat ukur yang digunakan, temuan, keterbatasan, konklusi dan hasil penelitian.
  5. Hubungkan kerangka penelitian dengan grand theory.
  6. Baca jurnal tersebut berulang-ulang, atau sebaiknya dilakukan dengan diskusi kelompok untuk menyaring substansi pokok yang dibahas.
  7. Cermati kerangka analisis yang komprehensif sesuai dengan kualifikasi jurnal yang dibahas, seperti variabel dan indikator penelitian yang digunakan, pengukuran, dan diskusi yang dianjurkan untuk menarik kesimpulan dan mengembangkan informasi lebih lanjut.
  8. Rangkai berbagai vaariabel dan komponen yang terkait dengan temuan dan hasil penelitian.
  9. Ambil suatu kesimpulan apakah penelitian yang dilakukan tersebut dapat dilanjutkan atau tidak, merupakan formulasi yang baru dan atau memerlukan lanjutan penelitian berikutnya karena keterbatasan aspek yang dibahas.
  10. Cermati semua aspek yang terkait dan patut untuk diungkapkan.
  11. Tempatkan kesimpulan dalam format tertentu sehingga dapat dijadikan referensi untuk penelitian lain yang akan dilakukan. Jawaban jurnal yang baik menghendaki jurnal penelitian yang baik pula.
  12. Kesimpulan harus mudah dimengerti dan dipahami, jangan gunakan bahasa inggris, kecuali untuk istilah baku yang sulit diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Comments

Popular Posts