JALAN-JALAN KE LEGOLAND

Berawal dari sebuah baliho/reklame besar di depan sebuah mall di kota Pekanbaru. Nampaknya strategi promosi bertemakan “keceriaan di Legoland Malaysia” tersebut telah berhasil menarik minat anak saya yang menunjuknya dan mengatakan bahwa itu berada di Malaysia, namun ia belum pernah kesitu. Ya terang saja karena Legoland itu tidak berada di Kuala Lumpur, melainkan Johor Bahru. Johor Bahru merupakan daerah Malaysia yang berdekatan dengan perbatasan Singapura. Oleh karena itu daerah ini juga menjadi favorit destinasi bagi pelancong yang juga akan berwisata di Singapura. Mungkin juga karena penginapan di Johor lebih murah dibanding penginapan yang ada di Singapura. Beberapa paket tour yang ada di Johor Bahru juga menyediakan paket tour ke Singapura. Bahkan disediakan bus langsung dari JB ke singapura atau sebaliknya. Agaknya hubungan bilateral kedua negara ini berjalan sangat baik dan tentunya saling menguntungkan.


Oleh karena Johor Bahru berdekatan dengan Singapura, sama dengan tujuan kami sewaktu ke Singapura sebelumnya, tujuan kami terlebih dahulu menuju Batam, karena tidak ada pesawat langsung Pekanbaru-Johor Bahru. Dari Batam baru dilanjutkan dengan ferry menuju Johor. Berangkat dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dengan pesawat siang dan sampai sore di Bandara Hang Nadim Batam. Kami langsung ke hotel di daerah Batam Center yang sudah dibooking sebelumnya via internet. Sorenya kami berjalan-jalan disekitar Batam dan beristirahat malamnya untuk bersiap melanjutkan perjalanan esok pagi ke Johor Bahru.

Paginya, setelah sarapan pagi di hotel, kami berangkat melalui Batam Center Ferry Terminal menuju Terminal Ferry Stulang Laut Johor Bahru. Tiket ferry kami beli di Batam Center dengan harga open tiket Rp.395.000,- pp. Jarak tempuh Batam-Johor Bahru sekitar 1,5 jam. Ferry ke Johor ini lebih kecil dibanding ferry ke Singapura. Sampai di Johor, kami langsung check in hotel partner Legoland yang kami pesan sebelumnya dengan harga paket Rp.1.300.000,- 2D1N, sudah termasuk tiket masuk Legoland. Hotel yang kami pilih adalah Hallmark Regency karena hotel ini terletak di dekat pusat kota sehingga kami dapat sekaligus mengeksplor kota Johor Bahru, dibanding hotel lego yang berjarak perjalanan 30 menit dari kota. Hotel ini juga menyediakan paket wisata tour ke Kuala Lumpur dan Universal Studio di Sentosa Island Singapura. Setelah meletakkan tas dan barang-barang kami langsung menuju Legoland dengan memesan taksi melalui resepsionisnya.



Legoland Malaysia merupakan taman hiburan pertama di Asia yang bertema lego. Berlokasi di Nusajaya wilayah Johor Baru dengan luas 31 hektar, terbagi dalam 3 atraksi yaitu Lego Theme Park, Lego Water Park dan Lego Hotel. Tiket yang kami peroleh dari hotel adalah tiket Lego Theme Park untuk 2 dewasa dan 2 anak-anak. Sedangkan tiket untuk anak dibawah 2 tahun free alias gratis. Theme Park ini terdapat 7 area wahana seperti Legocity, Lego Kingdom, MiniLand, Adventure dan 3 area lainnya yang saya tidak ingat :D. Sepertinya Legoland ini memang didesain untuk surganya anak-anak. Meskipun panas, anak-anak tetap bersemangat dalam memainkan wahana-wahana yang ada. Kami lupa membawa payung, karena daerahnya cukup panas siangnya tapi sorenya tiba-tiba hujan. Jadinya kami membeli jas hujan yang dijual di lego store dengan gambar lego. Next time jangan lupa membawa payung.


Setelah capek berjalan-jalan meskipun belum puas, kami memutuskan untuk balik karena masih gerimis. Kami menggunakan bus supaya dapat berkeliling melihat daerah-daerah yang ada di Johor Bahru. Rute bus ini berakhir di JBCC. Di JBCC ini terdapat terminal kereta, bus, dan ada mallnya. Disana juga terdapat permainan untuk anak2 yaitu Angry Bird Activity Park. Setelah puas berjalan-jalan, kami pulang dengan taksi merah menuju hotel untuk beristiharat. Sedikit tips untuk transportasi di Johor Bahru ini ada 2 jenis taksi yaitu taksi merah (economy taxi) dan taksi biru (executive taxi). Tarif taksi merah ini lebih murah dibandingkan taksi biru. Jadi silahkan pilih..yang mahal atau yang murah :p



Sesampai di hotel kami langsung mandi dan beristirahat karena esoknya harus bersiap untuk balik ke Batam dan langsung bersiap untuk penerbangan ke Pekanbaru. Dengan waktu yang sedikit tersebut tak terlewatkan juga kami untuk membeli oleh2 khas batam sebelum pulang. Kami meminta taksi melalui Pelabuhan untuk mengantar kami belanja dahulu sebelum ke Bandara. Alhamdulillah akhirnya berjalan lancar dan sesuai rencana, sore kami sudah sampai lagi di Pekanbaru.

Comments

Popular Posts