WELCOME TO THE WORLD MY LITTLE GIRL



Alhamdulillah pada tanggal 2 April 2017, akhirnya puteri yang kami nanti-nantikan lahir diantara 3 abang-abangnya. Diriwayatkan dalam sebuah hadist, “Barangsiapa yang diuji dengan memiliki anak-anak perempuan, lalu dia dapat mengasuh mereka dengan baik, maka anak perempuannya itu akan menjadi penghalang baginya dari api neraka kelak.” (HR Al-Bukhari no. 1329 dan Muslim no. 2629)

Dan kami memberi nama dia “ARRUMAISHA”.


Arrumaisha dalam bahasa Arab dapat diartikan “Yang Mendamaikan” atau “Yang Merukunkan”. Jika dipisahkan Rumaisha terdiri dari dua kata, yaitu ‘Rum’ yang dalam bahasa Kawi berarti “daya tarik, keindahan dan kecantikan” dan ‘Aisha’ yang dalam bahasa Persia berarti “kehidupan”. Ar-Rum (bahasa Arab: الرّوم) juga merupakan surah ke-30 dalam al-Qur'an. Yaitu surat yang disukai abangnya dalam membaca Al Qur’an. Namun dasar pemberian namanya bukanlah semata-mata hal tersebut, melainkan menamai dengan nama muslimah shalihah. Rasulullah SAW bersabda, “Mereka dahulu suka memakai nama para nabi dan orang-orang shalih yang hidup sebelum mereka” (HR. Muslim).

Arrumaisha binti Milhan atau lebih dikenal sebagai Ummu Sulaim adalah ibu kandung dari Anas bin Malik, pelayan Rasulullah SAW yang meriwayatkan lebih dari 2200 hadist. Ia adalah wanita yang cerdas dan yang paling dikenal oleh para sahabat adalah wanita dengan mahar termahal, yaitu Abu Thalhah yang kemudian menjadi salah seorang pahlawan generasi sahabat. Ummu Sulaim adalah seorang istri shalihah yang suka menasehati, da’iyah yang bijaksana, pendidik yang sadar sehingga memasukkan anaknya ke dalam madrasah nubuwwah tatkala berumur sepuluh tahun yang pada gilirannya beliau menjadi seorang ulama di antara ulama Islam.

Ketulusan dan komitmen Arrumaisha mengantarkannya menjadi salah satu shahabiyah yang dijamin masuk syurga. Rasulullah SAW bersabda, “Aku masuk ke surga, tiba-tiba mendengar sebuah suara, maka aku bertanya, “Siapa itu?” Mereka berkata, “Dia adalah Rumaisha binti Milhan, ibu dari Anas bin Malik (Al Hadist)

Dengan menamainya seperti salah seorang sahabat nabi yang dijamin masuk surga ini, harapan kami semoga Allah memudahkan kami dalam mengasuhnya sehingga ia menjadi sosok muslimah yang memiliki sifat dan karakter sebagaimana Arrumaisha Ummu Sulaim yakni cerdas, teguh pendirian dan tentunya sebagai wanita shalihah yang tangguh dalam memperjuangkan tegaknya kehidupan Islam dalam bingkai negara daulah khilafah Islam. In sya Allah akan menghantarkan kami sekeluarga menuju surga. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Comments

Popular Posts