silabus manajemen operasional

SILABUS

Bobot Mata Kuliah                            : 3 SKS

Jurusan/Program Studi                     : Ekonomi/Akuntansi

Semester                                            : IV/V

Dosen                                                  : Y. Rahmat Akbar, SE, M.Si

 

Deskripsi Mata Kuliah                       Mata kuliah ini memberikan gambaran tentang aktivitas fungsi operasi-operasi modern yang berpengaruh besar terhadap produktivitas pada bidang manufaktur dan jasa serta menganalisis berbagai permasalahannya/case secara realistis dan praktis.

 

Standar Kompetensi                         Mahasiswa mampu memahami berbagai konsep dan formulasi model case dalam manajemen operasional secara teori dan implementasi.

 

Indikator                                            Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan agar Mahasiswa dapat memahami:

1.      Teori dan Konsep Manajemen Operasional

2.      Aktivitas Fungsi Operasi dan analisis riset operasional

 

PRASYARAT                                        -

 

PENILAIAN                 

1.            Ujian Tengah Semester                   20%

2.            Ujian Akhir Semester                       30%

3.            Tugas / Kuis                                      15%

4.            Partisipasi/keaktifan                        10%

5.            Kehadiran                                         25%


GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PERKULIAHAN

 

Minggu

Pokok Bahasan

Sub. Pokok Bahasan/Indikator

Kompetensi Dasar

ORIENTASI PERKULIAHAN

1

Pengantar Manajemen Operasional

1.      Pengertian Manajemen Operasional

2.      Tujuan dan Manfaat Manajemen Operasional

3.      Ruang lingkup Manajemen Operasional

Pemahaman tentang Manajemen Operasional

2

Operasi dan Produktivitas

1.      Tren Baru di Bidang Manajemen Operasional

2.      Tantangan Untuk Meningkatkan Produktivitas

3.      Etika dan Tanggung Jawab Sosial

Pemahaman tentang hubungan operasional dan produktivitas

3

Manajemen Proyek

1.      Perencanaan, Penjadwalan dan Pengendalian Proyek

2.      Teknik Manajemen Proyek

Pemahaman tentang manajemen proyek

4

Peramalan

1.      Jenis-jenis Peramalan

2.      Kepentingan Strategis Sistem Peramalan

3.      Berbagai Pendekatan Metode Peramalan

Pemahaman tentang peramalan dalam bisnis dan operasional

5

Desain Produk dan Jasa

1.      Pemilihan Produk dan Jasa

2.      Menghasilkan Produk Baru

3.      Pengembangan Produk dan Desain Jasa

Pemahaman tentang mendesain produk dan jasa

6

 

Standard Operasional Prosedur (SOP)

1.      Dasar Pembuatan SOP

2.      Menyusun, aplikasi dan perubahan SOP

Pemahaman tentang SOP

7

 

Mengelola Kualitas

1.      Kualitas dan Strategi

2.      Standar Kualitas Internasional

Pemahaman tentang mengelola kualitas

MID SEMETER

9

 

Strategi Lokasi

1.      Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Lokasi

2.      Metode Evaluasi Alternatif Lokasi

Pemahaman tentang strategi Lokasi

10

 

Strategi Tata Letak (Lay Out)

1.      Jenis-jenis Tata Letak (Lay Out)

2.      Kepentingan Strategis Keputusan Tata Letak

Pemahaman tentang Strategi Tata Letak (Lay Out)

11

Strategi Proses

1.   Analisis dan Desain Proses

2.   Etika dan Proses

Pemahaman tentang Strategi Proses

12

Strategi Operasi di Lingkungan Global

1.      Pandangan Global dalam Operasi

2.      Penerapan Strategi Operasi Global

Pemahaman tentang Strategi Operasi dalam Lingkungan Global

13

Perencanaan Kapasitas

1.   Mengelola Permintaan dan Pertimbangan Kapasitas

2.   Analisis Titik Impas

Pemahaman tentang Pengelolaan Permintaan dan Pertimbangan Kapasitas serta penggunaan analisis titik impas

14

Sumber Daya Manusia dan Rancangan Kerja

1.   Perencanaan Tenaga Kerja

2.   Standar Tenaga Kerja

Pemahaman tentang perencanaan dan standar tenaga kerja

15

Pengukuran Kerja

1.      Standar Pengukuran Kerja

2.      Pengambilan Sampel Kerja

Pemahaman tentang perhitungan pengukuran kerja dan samplingnya

UJIAN AKHIR SEMESTER

 

 

METODE/TEKNIK PERKULIAHAN

Teacher & Student – Centered Learning (T/SCL)

Difokuskan pada kebutuhan mahasiswa, kemampuan, minat dan gaya belajar, dengan dosen sebagai fasilisator pembelajaran. Metode pengajaran di kelas mengakui suara mahasiswa sebagai pusat pengalaman belajar bagi setiap peserta didik.              

  1. Tatap muka sesuai dengan jadwal kuliah

2.      Presentasi materi/studi kasus

3.      Diskusi dan tanya jawab

 

MEDIA PERKULIAHAN                      

  1. LCD Proyektor

2.      Papan Tulis

3.      Komputer

 

REFERENSI PUSTAKA

1.             Heizer & Render, 2009. Operations Management, 9th ed. Pearson Education, Inc

2.             Hani Handoko, Dasar-dasar Manajemen Operasi dan Produksi, BPFE Yogyakarta

3.            Buffa & Sarin, Manajemen Operasi dan Produksi Modern Binarupa Aksara

Comments

Popular Posts