JOB SHOP YANG BERFOKUS PADA PROSES DI STANDAR REGISTER


Jika anda baru mendapatkan piza yang diantar ke rumah, kemungkinan besar Standard Register yang mencetak bon pemesanan dan pengantaran pada kotak pizanya. Anda mungkin menggunakan salah satu formulir yang berasal dari Standard Register tanpa menyadarinya. Ribuan produk berbeda dibuat oleh perusahaan yang biasanya berbentuk formulir berlapis-lapis (3 atau 4 rangkap). Contoh formulirnya biasa digunakan pada wesel bank, bon pemesanan, faktur, dan sebagainya. Divisi formulir dari perusahaan tersebut memiliki 11 pabrik di Amerika Serikat.

Kedai kerja seperti ini mengelompokkan orang-orang dan mesin-mesin yang melakukan aktivitas tertentu seperti mencetak, memotong atau menjidlid ke dalam departemen-departemen. Pesanan keseluruhan diproses dalam kelompok-kelompok, berpindah dari satu departemen ke departemen lain. Gambar berikut merupakan diagram alir dari proses produksi keseluruhan dari pengeluaran pesanan hingga pengiriman pada pabrik Standard Register di Kirksville, Missouri.


Proses dimulai dengan seorang perwakilan penjualan yang membantu pelanggan merancang formulir bisnis. Saat formulir siap, pemesanan dikirimkan secara elektronik ke Departemen Pendukung Penjualan di pabrik. Seorang koordinator pemesanan menetapkan bahan yang akan dibutuhkan pada proses produksi (tinta, kertas, label, dan lain-lain), menghitung waktu produksi yang dibutuhkan, serta menjadwalkan pekerjaan pada mesin tertentu.

Departemen Pracetak menggunakan CAD untuk mengubah desain produk menjadi plat pencetak untuk proses pencentakan, kemudian mencetak gambar formulir tersebut pada sebuah plat pencetak dari aluminium. Operator mesin pada Departemen Percetakan memasang plat dan tinta pada mesin cetak serta mencetak formulir. Setelah dicetak, hampir semua produk disatukan pada sebuah mesin yang menyatukan hingga 14 salinan secara bersamaan, biasanya dengan menggunakan kertas karbon yang diselipkan di antara mereka. Beberapa produk menjalani proses lebih lanjut (seperti contoh: perekat, penjilidan, atau pelabelan). Saat formulir sudah lengkap, hampir semuanya dibungkus dengan polietilena sebelum ditempatkan dalam kardus untuk dikirim. Pesan dikirim, sebuah “tiket kerja”dikirimkan ke bagian Keuangan, dan tahihan dikirim kepada pelanggan.
 
Sumber: Diadaptasi dengan izin J.S. Martinich, Production and Operations Management

Comments

Popular Posts