PERSAINGAN PASAR SKUTER MATIC
Dunia otomotif sekarang
ini semakin berkembang, pada kategori sepeda motor banyak bermunculan
varian-varian baru. Salah satunya adalah sepeda motor matik yang beberapa tahun
belakang ini telah mampu merebut pangsa
pasar. Penggunaan sepeda motor bebek mulai bergeser ke skuter matik. Tiga brand besar penguasa pasar sepeda motor
yaitu Yamaha, Honda, dan Suzuki semakin ketat bersaing untuk merebut pasar skuter matik.
Sebenarnya sebelum
tahun 2000 masyarakat Indonesia hanya mengenal motor skuter dan belum mengenal
kategori motor otomatis. Pada era 1950-an sampai tahun 2000 di Indonesia
beredar skuter merek Vespa produksi Piaggio. Barulah di tahun 2000 kategori
motor otomatis diperkenalkan pertama kali oleh PT. Kymco Lippo Motor Indonesia
dengan meluncurkan produk Kymco
Jetmatic Trend 125 cc (April 2000) dan Jetmatic Metica 125 cc (November 2000).
Selama periode 2000-2001 beberapa produsen
motor otomatis dari Cina juga turut meramaikan pasar dengan produknya seperti
Sanex. Pada tahun 2002, PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) mulai
mempersiapkan beberapa model motor otomatis yaitu Yamaha Zuma II, Yamaha Jog,
dan Yamaha Razz tetapi belum dilempar ke pasaran. Baru pada tahun 2003 Yamaha
resmi bermain di segmen motor otomatis dengan meluncurkan Yamaha Nouvo pada
awal tahun dan kembali meluncukan produk motor otomatis yang ditujukan untuk
kalangan wanita yaitu Yamaha MIO 115 cc pada Januari 2004.
Pada saat diluncurkan
secara resmi bulan Januari 2004 yang lalu Yamaha Mio ditargetkan hanya terjual
500 unit per bulan atau 6000 unit per tahun, sedangkan dari data terakhir
sampai bulan September 2006 penjualannya telah mencapai angka 320.000 unit
(rata-rata 20.000 per bulan) atau dengan kata lain penjualannya per bulan di
awal launching dibandingkan sekarang naik 40 kali lipat. Kenaikan angka penjualan yang sangat fantastik
untuk kategori motor otomatis ini tentunya bukan hanya sebuah kebetulan belaka,
tetapi lebih merupakan buah dari sebuah kerja panjang dan terencana yang
dilakukan oleh YMKI sebagai produsen Yamaha Mio di Indonesia.
Berdasarkan data Asosiasi
Industri Sepada Motor (AISI) selama periode tahun 2004-2005 pasar sepeda motor
otomatis justru dikuasai Yamaha terutama melalui produk unggulannya Yamaha Mio,
walaupun yang pertama kali menggarap segmen
pasar ini adalah Kymco. Pada tahun 2006, persaingan pasar semakin marak dengan diluncurkannya Honda Vario
110 cc (Agustus) produksi PT. Astra Honda Motor, sebulan kemudian PT. Indomobil
Niaga International (ATPM Suzuki) juga meluncurkan produk baru Spin 125 cc.
Kesuksesan dalam merebut
pasar skuter matik ini mendorong Yamaha untuk berupaya memperoleh pangsa pasar
yang lebih besar di Indonesia. Sementara ancaman dari para pesaingnya makin
besar, sehingga Yamaha harus menyiapkan diri dengan strategi pemasaran yang lebih baik untuk mempertahankan dan
memperluas market sharenya.
PT. YMKI menjadi jawara
di pasar skuter matik. Meskipun Yamaha bukanlah yang mempeloporinya, tetapi
Yamaha sangat konsisten dan gigih dalam mempromosikan
matik. Sehingga Yamaha mampu menguasai pasar. Kesuksesan yang diraih oleh
Yamaha diantaranya berupa :
- Pada tengah tahun pertama 2006, merujuk pada data AISI, penjualan sepeda motor nasional mencapai 2,2 juta unit. Sejumlah 131.744 sepeda motor diantaranya adalah skuter matik. Sebagian besar adalah produk Yamaha Mio dan Nouvo.
- Sepanjang tahun 2006 Yamaha berhasil menjual produk Yamaha Mio sebanyak 63.113 unit, yaitu sebesar 70,6% dari total penjualan sepeda motor di kelas bebek empat tak otomatis.
- Pada tahun 2006 majalah Marketing dan para dewan juri Marketing Award memberikan penghargaan pada Yamaha sebagai pemenang kategori “Best of The Best” Yamaha mendapatkan tiga kategori kemenangan, yaitu “The Best in Marketing Campaign”. Dengan demikian Yamaha meraih penghargaan tertinggi.
- Pada bulan Maret tahun 2007, merujuk pada data AISI, angka penjualan Yamaha sebanyak 159.035 unit yang menguasai 43,7% pangsa pasar. Penjualan terbesar Yamaha pada bulan Maret dikontiribusi oleh jenis Yamaha Vega R yang terjual sebanyak 47.054 unit dan Yamaha Mio yang terjual sebanyak 40.854 unit.
Comments
Post a Comment