DISTRIBUSI TENAGA PENJUALAN PADA DAERAH PEMASARAN
Sebuah perusahaan yang
memiliki dua cabang dengan dua marketplace
hendak melakukan ekspansi dengan menambah satu lagi market place sehingga
menjadi tiga daerah pemasaran. Penggunaan sejumlah sales pada setiap daerah pemasaran menunjukkan ada batas maksimum
perolehan profit, karena setelah
titik maksimum akan terjadi peningkatan profit yang lebih lambat daripada
peningkatan biaya tenaga penjualan.
Perhitungan profit yang
dihasilkan dari berbagai kombinasi pengoperasian tenaga penjualan pada dua
daerah pemasaran yang telah ada adalah:
Jumlah Sales
|
Daerah Pasar I
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Daerah Pasar II
|
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
|
Profit
|
f1 (x)
|
150,000
|
130,000
|
115,000
|
105,000
|
80,000
|
60,000
|
50,000
|
f2 (x)
|
50,000
|
65,000
|
85,000
|
110,000
|
140,000
|
160,000
|
175,000
|
|
Total Profit
|
|
200,000
|
195,000
|
200,000
|
215,000
|
220,000
|
220,000
|
225,000
|
Jika tersedia 11 orang
sales yang bisa dioperasikan untuk tiga daerah pemasaran, berapa jumlah
kombinasi sales optimal untuk setiap daerah pemasaran tersebut.
Comments
Post a Comment