KEBIJAKAN PENGGUNAAN MEDIA IKLAN
Tom Swenson pemilik J.R
Swenson, sebuah perusahaan commercial
agency telah membuat MoU dengan
perusahaan farmasi dalam rangka mengiklankan produk baru Mylonal, melalui media
iklan TV dan radio. Total biaya promosi
dibatasi sampai dengan $120,000.00. Klien J.R Swenson tersebut menginginkan
bisa meraih berbagai kelas pemirsa maupun penyimak. Untuk mengetahui seberapa
jauh promosi melalui media tertentu, perusahaan periklanan ini mengestimasikannya melalui dampak tingkat
ketertarikan konsumen yang dituju.
Ukurannya adalah rated exposures,
yaitu masyarakat yang diraih dalam setiap bulannya. Berikut ini data relevan
untuk keperluan promosi produk baru tersebut:
Tabel Pencapaian
Konsumen Melalui Media Promosi (per $1.000)
Capaian Konsumen
|
TV (orang)
|
Radio (orang)
|
Total
|
14.000
|
6.000
|
Konsumen Berpenghasilan Tinggi
|
1.200
|
1.200
|
Melalui diskusi yang
panjang dengan klien, Tom kemudian menentukan tujuan-tujuan (goals) dengan urutan prioritasnya yang
harus diraih, yaitu :
- Total konsumen yang bisa diraih paling sedikit 840.000 orang
- Untuk menjaga efektivitas hubungan dengan stasiun radio, perusahaan iklan ini membatasi pengeluaran promosi pada TV maksimal $90,000.00
- Ia juga menginginkan agar promosi tersebut dapat meraih paling sedikit 168.000 orang konsumen yang berpenghasilan tinggi
- Jika ketiga tujuan diatas bisa tercapai, ia menginginkan untuk bisa meraih semaksimal mungkin jumlah pemirsa yang bisa diraih (ia beranggapan bahwa jika ia mengeluarkan biaya sebesar $120,000.00 pada media TV, pemirsa yang bisa diraih adalah 120 x 14.000 = 1.680.000 orang.
Comments
Post a Comment