ALOKASI UPAYA PEMASARAN UNTUK PRODUK NONINTERACTING



Phillips Inc,. Yang memproduksi dua jenis produk, menggunakan upaya pemasaran, yaitu periklanan dan personal selling untuk meningkatkan penjualannya. Kedua produk produk ini tidak saling berinteraksi antar keduanya dalam hal harga, biaya dan permintaannya (kedua produk independen).
Anggaran periklanan untuk kuartal yang akan datang adalah $25,000 sedang jam kerja untuk personal selling tersedia 5,000 jam. Berdasarkan pengalaman, perusahaan memperkirakan bahwa setiap $1.00 periklanan yang dialokasikan kepada produk-1 menghasilkan keuntungan $8.00 dan kepada produk-2 menghasilkan keuntungan $15.00. Setiap 1 jam yang dialokasikan kepada sales untuk produk-1 menghasilkan keuntungan $25.00, dan untuk produk-2 menghasilkan $45.00. 
Perusahaan menentukan bahwa alokasi jam tenaga penjualan untuk masing-masing produk-1 dan produk-2 paling sedikit 2,000 jam dan maksimum 3,500 jam. Sedangkan kebijakan untuk penggunaan biaya periklanan paling sedikit $6,000.00 dan maksimum $18,000.00 untuk setiap produk.
Bagaimana upaya pemasaran perusahaan dari periklanan dan personal selling untuk masing-masing produk sehingga mendapatkan keuntungan maksimum.

Comments

Popular Posts