ALOKASI UPAYA PEMASARAN UNTUK PRODUK NONINTERACTING
Phillips Inc,. Yang
memproduksi dua jenis produk,
menggunakan upaya pemasaran, yaitu periklanan dan personal selling untuk meningkatkan penjualannya. Kedua produk produk ini tidak saling berinteraksi antar
keduanya dalam hal harga, biaya dan permintaannya (kedua produk independen).
Anggaran periklanan
untuk kuartal yang akan datang adalah $25,000 sedang jam kerja untuk personal
selling tersedia 5,000 jam. Berdasarkan pengalaman, perusahaan memperkirakan
bahwa setiap $1.00 periklanan yang dialokasikan kepada produk-1 menghasilkan
keuntungan $8.00 dan kepada produk-2 menghasilkan keuntungan $15.00. Setiap 1
jam yang dialokasikan kepada sales
untuk produk-1 menghasilkan keuntungan $25.00, dan untuk produk-2 menghasilkan
$45.00.
Perusahaan menentukan
bahwa alokasi jam tenaga penjualan untuk masing-masing produk-1 dan produk-2
paling sedikit 2,000 jam dan maksimum 3,500 jam. Sedangkan kebijakan untuk
penggunaan biaya periklanan paling sedikit $6,000.00 dan maksimum $18,000.00
untuk setiap produk.
Bagaimana upaya
pemasaran perusahaan dari periklanan dan personal selling untuk masing-masing
produk sehingga mendapatkan keuntungan maksimum.
Comments
Post a Comment