REVOLUSI MANAJEMEN
Bisnis dan masyarakat sekarang ini berada ditengah-tengah
revolusi yang dapat dibandingkan dengan revolusi industri baik dalam hal skala
maupun akibatnya. Revolusi saat ini mempunyai empat komponen: globalisasi
pasar, penyebaran teknologi informasi dan jaringan komputer, pembongkaran
hierarki manajerial tradisional, dan penciptaan perekonomian informasi baru.
Empat komponen ini semua terjadi secara cepat dan bersamaan, serta dipengaruhi
dan memengaruhi satu sama lain.
Globalisasi
(komponen pertama revolusi saat ini) dulunya secara sederhana berarti
mengekspor beberapa barang dan jasa ke negara-negara lain dan mungkin membuat
beberapa fasilitas produksi di luar negeri. Saat ini, globalisasi berarti
semakin banyak keputusan manajerial yang harus mempertimbangkan dunia secara
keseluruhan, bukan hanya regional atau negara, sebagai pasar yang relevan. Oleh
karena penjualan yang sangat signifikan dalam bidang komunikasi dan
transportasi, selera secara internasional menjadi seragam, lebih banyak produk
yang diimpor dan sebagian besar produk lainnya mempunyai bagian-bagian yang
diproduksi di luar negeri, dan produsen domestik menghadapi persaingan dari
luar negeri yang semakin meningkat.
Komponen
kedua revolusi saat ini adalah penyebaran teknologi informasi dan jaringan
komputer. Praktis hampir setiap teller bank, pekerja kantor pos, operator
telepon, penagih utang dan lain-lain saaat ini bekerja dengan komputer. Hal ini
secara mengagumkan mempercepat pengiriman barang dan jasa, memperkecil
pemborosan, mengurangi persediaan dan secara umum meningkatkan produktivitas.
Komputer
juga telah membongkar hierarki manajerial tradisonal dan mengurangi
peringkat-peringkat yang ada di manajemen tingkat menengah (komponen ketiga
revolusi saat ini). Dahulu, para manajer tingkat menengah merupakan garis
penghubung informasi antara manajer tingkat atas dan pekerja. Saat ini,
informasi di semua tingkatan dapat disebarkan dari manajemen tingkat atas
langsung ke pekerja dan sebaliknya hanya dengan menekan tombol komputer dan
tanpa membutuhkan manajemen tingkat menengah. Manajemen tingkat menengah yang
masih bertahan hingga saat ini, memiliki peran yang sangat penting dan semakin
sering digunakan untuk membantu manajer senior dalam operasi harian perusahaan
sehingga manajer senior dapat memusatkan energi mereka pada manajemen strategi
perusahaan.
Komponen
keempat revolusi saat ini adalah penyebaran yang cepat dari perekonomian
informasi, dimana penciptaan nilai semakin didasarkan kepada ilmu pengetahuan
dan komunikasi dibandingkan pada sumber daya alam dan tenaga kerja fisik
seperti masa lalu. Sebagai contoh, banyak perbaikan mobil akan dilakukan tidak
oleh montir dengan kunci inggris, tetapi oleh teknisi yang memperbaiki mesin
dengan pemrograman kembali sebuah chip komputer. Selain itu, barang dan jasa
semakin banyak dipasarkan dan didistribusikan secara elektronik. Empat komponen
revolusi tersebut memengaruhi secara drastis tidak hanya produk dan jasa
tradisional yang diproduksi dan didistribusikan tetapi juga seluruh organisasi
produksi, konsumsi, dan manajemen dalam berbagai hal yang belum jelas atau
dimengerti sepenuhnya.
Sumber: Welcome to the Revolution, Fortune, Management’s New
Paradigm, Forbes, In Praise of Middle Managers, Harvard Business Review, A Management
Revolution Still ini the Making, The New York Times.
Comments
Post a Comment