Manajemen Operasi Hard Rock Café



Setiap hari manajer operasi di seluruh dunia menghasilkan produk-produk untuk kesejahteraan masyarakat. Produk-produk ini muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari mesin cuci buatan whirpool, film produksi Dreamworks, waha permainan di Disney World, ataupun makanan di Hard Rock Café. Perusahaan-perusahaan ini memproduksi ribuan produk setiap hari untuk dihantarkan saat pelanggan memesannya, ketika mereka menginginkannya dan dimanapun mereka menginginkannya. Hard Rock melakukan hal itu untuk lebih dari 35 juta pengunjung kafenya di seluruh dunia setiap tahun. Hal ini merupakan tugas menantang yang menjadikan peran manajer operasi sangat dibutuhkan, baik di Whirpool, Dreamworks, Disney maupun Hard Rock.

Hard Rock Café yang berpusat di Orlando, membuka restoran pertamanya pada tahun 1971, menjadikannya restoran yang berusia lebih dari 35 tahun dan menjadi panutan bagi restoran lain. Walaupun restoran lain muncul dan sirna silih berganti, Hard Rock tetap bertahan dengan 121 restoran di 40 negara dan jumlah ini pun masih terus bertambah dengan dibukanya restoran-restoran Hard Rock Café setiap tahun. Hard Rock terkenal dengan benda kenangan (memorabilia) musik rock yang dimulai saat pelanggan tetapnya, Eric Clapton, menandai kursi favoritnya dengan menggantungkan gitarnya pada dinding di Har Rock Café Londong. Sekarang Hard Rock mempunyai investasi bernilai jutaan dolar dalam bentuk memorabilia. Untuk menjaga agar pelanggannya kembali datang, Hard Rock menciptakan nilai tambah dalam bentuk makanan lezan dan hiburan.

Manajer operasi pada Hard Rock Café di Universal Studios di Orlando menyediakan lebih dari 3.500 produk khusus (berupa makanan) setiap hari. Makan ini harus diracik dan dicoba, kemudian dilakukan analisis biaya bahan baku, pekerjaan yang dibutuhkan, dan tingkat kepuasan pelanggan. Setelah disetujui, sebuah menu dimasukkan ke bagian produksi – hanya jika produk bahan bakunya tersedia dari pemasok yang terpilih. Proses produksi – mulai dari penerimaan, penyimpanan di mesin pendingin, hingga ke pemanggangan, pembakaran atau penggorengan dan puluhan tahapan lainnya – dirancang dan dipersiapkan untuk menghasilkan makanan berkualitas terbaik. Manajer operasi harus mempersiapkan jadwal kerja pegawai dan merancang tata letak yang efisien dengan memperkerjakan orang-orang terbaik yang dapat mereka sewa dan latih.

Manajer yang sukses dalam merancang dan menyediakan barang dan jasa di seluruh dunia adalah manajer yang memahami Manajemen Operasional. Manajer operasi memang melelahkan dan menantang, tetapi sekaligus menyenangkan. Manajemen Operasional (MO) adalah satu disiplin ilmu yang diterapkan di restoran seperti Hard Rock Café maupun pabrik lain, seperti Soni, Ford dan Whirpool. Teknik MO diterapkan di seluruh dunia pada seluruh usaha produksi, baik di kantor,m rumah sakit restoran, pusat perbelanjaan, maupun pabrik – semua jenis usaha yang menghasilkan barang dan jasa membutuhkan MO. Proses produksi barang dan jasa yang efisien membutuhkan penerapan konsep, alat-alat, dan teknik-teknik MO yang efektif. 

Sumber : Jay Heizer dan Barry Render, 2009, Operations Management 9th ed, Pearson Education, Inc

Comments

Popular Posts