Manajemen Operasi Hard Rock Café
Setiap hari manajer operasi di
seluruh dunia menghasilkan produk-produk untuk kesejahteraan masyarakat.
Produk-produk ini muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari mesin cuci buatan
whirpool, film produksi Dreamworks, waha permainan di Disney World, ataupun
makanan di Hard Rock Café. Perusahaan-perusahaan ini memproduksi ribuan produk
setiap hari untuk dihantarkan saat pelanggan memesannya, ketika mereka
menginginkannya dan dimanapun mereka menginginkannya. Hard Rock melakukan hal
itu untuk lebih dari 35 juta pengunjung kafenya di seluruh dunia setiap tahun.
Hal ini merupakan tugas menantang yang menjadikan peran manajer operasi sangat
dibutuhkan, baik di Whirpool, Dreamworks, Disney maupun Hard Rock.
Hard Rock Café yang berpusat di
Orlando, membuka restoran pertamanya pada tahun 1971, menjadikannya restoran
yang berusia lebih dari 35 tahun dan menjadi panutan bagi restoran lain.
Walaupun restoran lain muncul dan sirna silih berganti, Hard Rock tetap
bertahan dengan 121 restoran di 40 negara dan jumlah ini pun masih terus
bertambah dengan dibukanya restoran-restoran Hard Rock Café setiap tahun. Hard
Rock terkenal dengan benda kenangan (memorabilia) musik rock yang dimulai saat
pelanggan tetapnya, Eric Clapton, menandai kursi favoritnya dengan
menggantungkan gitarnya pada dinding di Har Rock Café Londong. Sekarang Hard
Rock mempunyai investasi bernilai jutaan dolar dalam bentuk memorabilia. Untuk
menjaga agar pelanggannya kembali datang, Hard Rock menciptakan nilai tambah
dalam bentuk makanan lezan dan hiburan.
Manajer operasi pada Hard Rock
Café di Universal Studios di Orlando menyediakan lebih dari 3.500 produk khusus
(berupa makanan) setiap hari. Makan ini harus diracik dan dicoba, kemudian
dilakukan analisis biaya bahan baku, pekerjaan yang dibutuhkan, dan tingkat
kepuasan pelanggan. Setelah disetujui, sebuah menu dimasukkan ke bagian
produksi – hanya jika produk bahan bakunya tersedia dari pemasok yang terpilih.
Proses produksi – mulai dari penerimaan, penyimpanan di mesin pendingin, hingga
ke pemanggangan, pembakaran atau penggorengan dan puluhan tahapan lainnya –
dirancang dan dipersiapkan untuk menghasilkan makanan berkualitas terbaik.
Manajer operasi harus mempersiapkan jadwal kerja pegawai dan merancang tata
letak yang efisien dengan memperkerjakan orang-orang terbaik yang dapat mereka
sewa dan latih.
Manajer yang sukses dalam
merancang dan menyediakan barang dan jasa di seluruh dunia adalah manajer yang
memahami Manajemen Operasional. Manajer
operasi memang melelahkan dan menantang, tetapi sekaligus menyenangkan.
Manajemen Operasional (MO) adalah satu disiplin ilmu yang diterapkan di
restoran seperti Hard Rock Café maupun pabrik lain, seperti Soni, Ford dan
Whirpool. Teknik MO diterapkan di seluruh dunia pada seluruh usaha produksi,
baik di kantor,m rumah sakit restoran, pusat perbelanjaan, maupun pabrik –
semua jenis usaha yang menghasilkan barang dan jasa membutuhkan MO. Proses
produksi barang dan jasa yang efisien membutuhkan penerapan konsep, alat-alat,
dan teknik-teknik MO yang efektif.
Sumber : Jay Heizer dan Barry Render, 2009, Operations Management 9th
ed, Pearson Education, Inc
Comments
Post a Comment